Backup Data…


Assalamu’alaikum wr wb.

Pernahkah anda mengalami masalah dengan media penyimpanan data? Misalnya hardisk atau flashdisk anda tiba-tiba error? Sungguh hal itu merupakan suatu hal yang sangat menjengkelkan dan tentu saja merugikan. Bagaimana tidak, kerja keras selama ini akan terbuang percuma, apalagi jika data-data yang tersimpan dalam media tersebut merupakan data-data penting.

Keruakan media penyimpanan data dapat disebabkan oleh dua hal yaitu kerusakan media penyimpanan secara fisik dan kerusakan yang diakibatkan oleh pihak luar. Kerusakan secara fisik diakibatkan antara lain : media terbentur benda keras, media terkontaminasi zat lain yang merusak misalnya air, kesalahan prosedur penggunaan, dan lain-lain. Sedangkan kerusakan oleh pihak luar antara lain : virus yang merusak, terhapus, terformat dll.

Terdapat beberapa solusi untuk menghindari hal tersebut. Diantaranya adalah usahakan selalu berhati-hati dengan media penyimpanan data anda, ingatlah bahwa semua “kekayaan” anda berada disana. Anggaplah itu sebagai brankas yang harus selalu anda lindungi dengan baik dan benar.

Hal yang tidak kalah pentingnya ada usahakan untuk selalu mem “Backup” data penting anda pada media penyimpanan yang lain. Sehingga anda mempunyai cadangan penyimpanan data.

Terdapat dua macam mode back up data, yaitu :

  1. Backup data secara offline (maksudnya tentu tidak online di Internet). Cara termudah ini adalah dengan copy & paste file anda ke media penyimpanan lain seperti Harddisk atau flashdisk cadangan. Menurut hemat penulis media offline yang relativ aman dan awet selain hardisk dan flashdisk adalah media compact disk atau DVD. Keunggulan dari CD atau DVD adalah pasti aman dari gangguan virus dan kesalahan prosedur operasional. Jika anda simpan dengan benar dan aman, CD dan DVD akan mempunyai usia pemakaian lebih baik. Backup secara reguler data anda misalnya sebulan sekali atau terserah anda sesuai dengan kebutuhan.
  2. Backup data secara online (maksud penulis nitip nyimpen secara online). Saat ini banyak sekali web yang secara khusus menyediakan ruang penyimpanan data untuk kita, baik yang free alias gratis maupun yang berbayar. Dengan memanfaatkan layanan ini kita mendapat keuntungan lain, yaitu kita tidak perlu membawa media penyimpanan kita di saat kita sedang dalam perjalanan, karena kita dapat mendownloadnya setiap saat (tentu saja menggunakan fasilitas koneksi internet). Web yang menyediakan layanan ini antara lain : www.ziddu.com dan www.4shared.com. Langkah-langkah untuk memanfaatkan layanan pada web tersebut sangat mudah, anda hanya tinggal klik, setelah itu lakukan regristrasi dengan mengisi form yang tersedia, setelah regristrasi anda selesai, lakukan verifikasi dari akun email anda, dan anda bisa langsung mengupload file anda dengan nyaman.

Demikianlah tulisan ini hanya sekedar berbagi pengalaman, sehingga mungkin dapat bermanfaat untuk anda, jika berkenan tinggalkan komentar sebagai salam perkenalan. S e l a m a t  M e n c o b a, smoga anda sukses selalu dalam berbagai aktifitas anda, AMIIIN.

wassalamu’alaikum wr wb.

2 Responses

Leave a comment