Operasi Aljabar (Materi SMP Kelas VIII semester 1


Soal Terbimbing Untuk Pemahaman :
1. Sederhanakan bentuk-bentuk berikut :

a.7x + 3x

b.5a + 3b + a – 5b

c. (-3y2 + 2y – 4) + (2y2 – 3y + 5)

d. (2p3 + p – 5) – (2p2 + 3p – 4)

Penyelesaian :
a. 7x + 3x = ( .7. + .3. )x = ….
b. 5a + 3b + a – 5b = … + … + … + … = ( … + … )a + ( … – … )b = … ….
c. (-3y2 + 2y – 4) + (2y2 – 3y + 5) = … …. … … … …

= ( … ….)y2 + ( … …)y + ( … …)
= … …. …

d. (2p3 + p – 5) – (2p2 + 3p – 4)       = … …. … … … …

= … …. ( … …)p + ( … …)

= … …. … …

2.    Tentukan hasil perkalian berikut :

a.    5a  x  2b

b.    -3p x 4p

c.  2

d. 6ab2 x -2a3b x 4b2

Klik di samping untuk download  OPERASI ALJABAR.doc
Share/Bookmark

Penyelesaian :

a.    5a  x  2b = 5 x a x 2 x b = 5 x 2 x a x b = ….

b.    -3p x 4p = …  x  …  x  …  x  … = …  x  …  x  …  x  … = ….

c. 2 = …  x  …  x  …  x   …  x  …  x  …

= …  x  …  x  …  x   …  x  …  x  …     =  …….

d.      6ab2 x -2a3b x 4b2 = … x … x … x … x … x … x … x …

= … x … x … x … x … x … x … x …

=       ….       x     …    x     ….

=    ……

3.    Jabarkan kemudian sederhanakan :

a.    3(2p – 3r)

b.   2(p – q) + 3p(p+q)

c. 3a(a – b) – 5(a2 – 2a + b)

4.    Jabarkan dan sederhanakan :

a.    (x – 3)(x + 1)

b.    (2s + t)(3s – 5t)

c.    (a2 + a)(3a + 2)

5.    Jabarkan dan sederhanakan :

a.    (2a + 1)2

b.    (10b – 2)2

c.    (-3n – 2m)2

Penyelesaian :

3.      a.    3(2p – 3r)     = 3x2p +3x(-3r)   = ….       ….

b. 5 =  …   …   …   … =  …   …   …   … =    …        …

c.   (-3n – 2m)2 = …    …        ….      ….    ….   =  …   ….   ….   ….   …..

=     ….         …..     …..

4.       a.    (x – 3)(x + 1)     =  …   …   …   …   …    =  …   …   …

b.    (2s + t)(3s – 5t)     =  …   …   …   …   …     =  …   …   …

c.    (a2 + a)(3a + 2)     =  …   …   …   …   …     =  …   …   …

5.      a.    (2a + 1)2 = (2a + 1)(2a + 1)     = …  +  …  +  …  +  …     = …  +   …   +  …

b.    (10b – 2)2 = (10b – 2)(10b – 2)         = …  +  …  +  …  +  …

= …  +   …   +  …

c.    (-3n – 2m)2 = (-3n – 2m)(-3n – 2m)           = …  +  …  +  …  +  …

= …  +   …   +  …

Soal Latihan 1 :

1.    Sederhanakan :

a.    a(a – b) – b (b – c) – c(c – a)

b.    p2 +  p – 3 – p(p – 2) + 2p(3p + 1)

2.    Jabarkanlah :

a.    (2x + 3)(3x – 2)

b.    (2x2 – 5)(3x2 – x +2)

3.    Jabarkanlah :

a.    (3x + 2)2

b.    (4p – ½)2

4.    Jabarkan kemudian sederhanakan :

a.    2(x + 2)2 – (x + 1)2

b.    -3ab(2a2 + 4ab – 5b2)

5.    (3x + 2y)2 – (2x – 5y)2

2.    Pembagian pada bentuk aljabar Selesaikan pembagian berikut :

a.    12ab : 3a

b.    16x2y3 : 12x3y

c.      Photobucket

Penyelesaian :

a.    12ab : 3a = (12 : 3) x (a : a) x b = …..  x  ….  x  ….. = ……………….

b.    16x2y3 : 12x3y  =( ….  :  .…) x ( .… : .…) x ( .… : .…)

=  …….  x   ………  x  ……… =  …………..

c.    Photobucket =  ) : ……… = ( …. : ….) x ( …. : …. ) = ……  x  …… = ………..

Menentukan Faktor-faktor Bentuk Aljabar Memfaktorkan suatu bentuk aljabar artinya adalah mengubah bentuk penjumlahan/pengurangan suku-suku menjadi bentuk perkalian dari factor-faktornya. Perkalian bentuk aljabar terdiri dari 5 macam, yaitu :

1.    Bentuk aljabar yang memiliki factor persekutuan, contoh : Faktorkanlah

bentuk :

a.    12x3 + 8x2 – 6x

b.    10a2b – 15a3b2 + 20a2b2

Penyelesaian :

a.    12x3 + 8x2 – 6x = 2.6.x.x.x + 2.4.x.x – 2.3.x

= 2x(6x2 + 4x – 3)

b.    10a2b – 15a3b2 + 20a2b2 = 5.2.a.a.b – 5.3.a.a.a.b.b + 5.a.a.b.b

= 5a2b (2 – 3ab + b)

2.    Pemfaktoran bentuk a2 ± 2ab + b2

Rumus : a2 + 2ab + b2 = (a + b)2 a2 – 2ab + b2 = (a – b)2

contoh : Faktorkanlah :

a.    16x4 + 56x2y2 + 49y4

b.    36a2 – 60ab + 25b2

Penyelesaian

a.    16x4 + 56x2y2 + 49y2 = (4x2)2 + 2.(4x2).(7y2) + (7y2)2

= ( …  + …)(…  +  …)

b.    36a2 – 60ab + 25b2 = ( … )2 – 2.( … ).( … ) + ( … )2

= ( …  + …)(…  +  …)

3.    Pemfaktoran bentuk selisih dua kuadrat

Rumus : a2 – b2 = (a + b)(a – b)

Contoh soal : Faktorkanlah :

a.    y2 – 144

b.    9x2 – 64

c.    3a2 – 48

Penyelesaian :

a.    y2 – 144 = (y)2 – (12)2 = (y + 12)(y – 12)

b.    9x2 – 64 = (3x)2 – (8)2 = ( …  + … )( … – … )

c.    3a2 – 48 = 3(a2 – 16) = 3{( … )2 – ( … )2)

= 3( … + … )( … – … )

4.    Pemfaktoran bentuk : x2 + bx + c , dimana b dan c bilangan real

Rumus : x2 + bx + c = (x + p)(x + q) dimana b = p + q dan c = p x q

Contoh soal :

Faktorkanlah :

a.    m2 – 15m + 14

b.    x2 + 16x – 36

c.    X2 – 5xy – 24y2

Penyelesaian :

a.    m2 – 15m + 14 = (m – 1)(m – 14)

b.    x2 + 16x – 36 = (x + …)(x – …)

c.    x2 – 5xy – 24y2 = (x + …)(x – …)

5.    Pemfaktoran bentuk : ax2 + bx + c dimana a,b, dan c bilangan real & a ≠ 1

Cara penyelesaian : terlebih dahulu “ bx “ diuraikan menjadi dua suku dengan aturan : ax2 + bx + c = ax2 + rx + sx + c, dimana r dan s adalah dua bilangan dengan syarat jika dikali hasilnya = a x c dan jika dijumlah = b.  r x s = a x c dan r + s = b

Contoh soal :

Faktorkanlah :

a.    5x2 + 13x + 6

b.    10p2 – 7p – 12

c.    8x2 – 26xy + 15y2

Penyelesaian :

a.    5x2 + 13x + 6     = 5x2 + 10x + 3x + 6

= 5x(x + 2) + 3(x + 2)

= (x + 2)(5x +3)

b.    10p2 – 7p – 12  = 10p2 + ….  – ….  – 12

= … ( … + … ) – … ( … + … )

= ( …. + …. )( …. – …. )

c.    8x2 – 26xy + 15y2 = 8x2 – ….  – ….  + 15y2

= … ( … – … ) – … ( … – … )

= ( …. – …. )( …. – …. )

Soal Latihan 2 :

Faktorkanlah selengkapnya :

1.    8p2q – 12pq2

2.    3abc + 6ab – 9bc

3.    y4 – 16

4.    2x4 – 32

5.    p4 – (2p – q)2

6.    n2 – 14n + 24

7.    x2 – 5px + 6p2

8.    2x2 + 7x + 6

9.    6y2 – y – 2

10.    2x2 – 5px + 3p

LATIHAN ULANGAN BAB 1

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1.    Bentuk paling sederhana dari 5x + 3y – 2 – x + y + 2 adalah …

a.    4x + 3y        c. 4x + 3y – 4

b.    4x + 4y       d. 4x + 4y – 4

2.    Jumlah dari 2p + 3q – 4 dan p – 3q + 2 adalah ..

a.    2p – 2         c. 2p – 6

b.    3p – 2        d. 3p – 6

3.    Hasil pengurangan 6a2 – 12a dari 7a2 + 2a adalah …

a.   –a2 – 14a     c. a2 – 10a

b.    –a2 – 10a    d. a2 + 14a

4.    Hasil dari (p – 3q)(2p – 5q) adalah …

a.    2p2 – 11pq – 15q2

b.    2p2 + 11pq – 15q2

c.    2p2 – pq – 15q2

d.    2p2 + pq – 15q2

5.    (3x + 2y)(9x2 – 6xy + 4y2) = …

a.    27x3 + 8y3 .

b.    27x3 – 8y3 .

c.    27x3 + 24xy2 – 8y3 .

d.    27x3 – 36x2y – 8y3 .

6.    Hasil dari (4p – 5q)2 adalah …

a.    16p2 – 20pq + 25q2

b.    16p2 – 20pq – 25q2

c.    16p2 – 40pq + 25q2

d.    16p2 – 40pq – 25q2

7.    Hasil dari (–2a –  )2 adalah …

a.    4a2 – 4 + 1/a2     c. 4a2 + 4 +  1/a2

b.    4a2 –4a + 1/a2    d. 4a2 – 4a +  1/a2

8.    (2a + 3)2 – (a – 4)2 = …

a.    3a2 – 7    c. 3a2 + 4a + 25

b.    3a2 + 25    d. 3a2 + 20a – 7

9.    Pemfaktoran dari 6x2y – 8xy2 adalah …

a.    2xy(3x – 4xy)    c. 2xy(3x – 4y)

b.    2xy(3x – 6xy)    d. 2xy(3x – 6y)

10.    Pemfaktoran dari p(x + y) – q(x + y) adalah …

a.    (x + y)(p + q)    c. (x – y)(p + q)

b.    (x + y)(p – q)    d. (x – y)(p – q)

mathplus.web.id

Share/Bookmark

About these ads

297 Tanggapan

  1. saya sangat bingung tentang pelajaran aljabar kelas 8
    bagaimana cara cepat dan mudah untuk mengarjakan soal2 aljabar yg sngat sulit???????????
    TERIMAKASIH…..

  2. saya sangat bingung tentang pelajaran aljabar kelas 8
    bagaimana cara cepat dan mudah untuk mengarjakan soal2 aljabar yg sngat sulit???????????
    TERIMAKASIH….. :-)

  3. bagaimana cara memahami aljabar agar mudah untuk di pahami dalam berbagai bentuk soal???

  4. bagaimana cara mengerjakan soal aljabar, yang selisih 2 kuadrat…………………….????

  5. bagaimana cara perkaliannya
    dan coba berikan jawabannya agar saya bisa lebih mudah memahaminya

  6. Trims banget….

  7. Tidak ada penjelasan sama sekali

  8. Tidak ada penjelasannya

  9. trim’s dah ngasih soal2 nie…..

    w biza belajar tuk cerdaz cermat

  10. saya sagat bingung dengan soal : (a-b) pangkat tiga, gila, mahamin aja susahnya minta ampun..

  11. thx buat soalx.

  12. mmh… i like aljabar so much,,,
    i think aljabar is exciting and i really enjoy to learn the material…..
    ALJABAR IS THE BEST

  13. gw ga ngerti mahami soal aljabar………….

    sulit bngt aljabar lau ga di pahami, susah bngt di mengerti……..

    bgaimana ci cara mudah menyeleaikan pelajaran aljabar laz 8, bnyk aliiiiiiiiiii ,materi’a smakin sulit tuq di pahami…………???????????????????

  14. thank’s ea ..
    qu jd tue , cr ngrjaend aljabar ..

  15. makasih yak atas soal-soalnya :D

  16. ya aLLah ,,
    soaL.na susah bngt sich …
    bngung nich ,
    gmna sich biar isza mudah mempeLajari aLjabar ,
    pLeaaaaaaaaaaaaaaaasssssssssseeeeeeeeeeeeeeee bntuan.na yaa ………..

  17. TERLEBIH DAHULU PAHAMI OPERASI PADA BIL. BULAT

  18. apa jawaban_a ?

  19. bagus, bisa buat bekal anak didik kita

  20. saya plng suka ma aljabar???????????????????????????

  21. i love aljabar

  22. saya I LOVE aljabar

  23. matematika membuat saya pusing

  24. terimaakasih atas soal-soal yang sudah diberikan , :)

  25. Saya jelek… Saya Jelek…

  26. saya tanya bagaimana cara mangerjakan aljabarnya tlg ya bagaimana caranya plase… saya sgt binggung bagaimana cara mangerjakan aljabar terima kasih

  27. al jabar bukan lah pelajaran yg mudah maupun gampang , kiata hanya butuh ketelitian dalam mengerjakan .

  28. cara yah belajaar dengan giat….
    tapi ada benar juga kok……..kalau di pikir” emang susah

  29. terima kasih ya…….
    buat itu semua….
    aku jadi bisa mngetahui lbih dalm tntang aljabar
    dan mengajari orang lae,..
    thank you……

  30. thanks,,q jd lbih tau tntng aljbar.

  31. terima kasih, matur thank you
    sekarang aku lebih mengerti tentang aljabar

  32. makasih aku lebih tau tentang aljabar.

  33. makasih atas rumus aljabar’a sekarang q lebih tau tentang aljabar

  34. terima kasih aq lebih tau tntng aljabar.

  35. terima kasih,,,,aQ bsa Lbh auu ttntang aLjabar…..

  36. makasih ya aku jadi lebih paham tentang aljabar

    dulu aku paling males belajar aljabar pie ku tak boleh seperti itu
    iya khan?

  37. soal nya lumayan
    tapi kurang banyak
    saya harap kedepan lebih banyak dan menantang

  38. saya sangat bingung mengerjakan soal aljabar …..

  39. Sajikan secara bilingual dong………. Susah tahu…….

  40. kalo soal nya begini

    (4p-q) (4p+q) =
    sederhanakanlah

  41. I love you Aljabar Forever

  42. jawabannya mana kk?

  43. buat lat juga mantap..

  44. sama aja aku sama temenku rizal pradana aja ngak ngerti dia malah jadi binggung sampe pinggin ngak sekolah

  45. thanks atas infonya…

  46. thanks atas segala informasinya

  47. huaaaaaa :'(
    so difficult….. :(

  48. Thx atas soal.a
    lumayan untuk belajar bwt tes besok…. xixixixixi

  49. waduhhhhh soal’a susah sampe sakik kepala….

  50. tetap bingunggggg … :(

  51. thanks….
    it’s important for me…. :)

  52. mana kunci jawabanya

  53. Terima kasih :)

  54. Berikan hasil dari 12xkubik + 8xkuadrad – 6x

  55. hahahapusing,…
    aq gag mudeng

  56. Pusing banget soal aljabar nya

  57. aduch,,, gmn cara jawabnya nih………????

  58. mohon bantuannya,,,,,,,,,,,,,,

  59. bagaimana cara menyelesaikan ini tolong jawab yya!!

    x²-16 per x²-6x+9 : 4-x per x²-9

  60. aku gk tau,soalnya banyak tp ada yng blm di jawab,tlng jlsn dong yng blm di jwb???
    tlg di bls ya,krn aq ldi sklh lgy bljr nie..spy aq mngrt.

  61. waow…..keren….
    tp kurang jelas …

  62. sya sgat ska mtk….

    • ajrind ..aq dUngkk’iaann… .hheeeEee
      aq bsa che_tp g bgitu ngUasainnnn…. .cHmuaaAaaaaaaaaaa..

  63. aku paling benci sma soal MTK.. benci pollll !!! apalagi ALJABAR… ogah baget cuy… !!! aduh… gymana ya caranya memahami soal aljabar itu… aku sangat2 butuh bantuan nih, soalnya aku di suruh bikin 80 soal aljabar.. plisssssss bls dong… aku mohon…!!!!

  64. wo…….. byk kali soalnya aq cm jawab 2 tp aljabar tu seru seki ada yg bingung sih…. :)

  65. aljabar ..kdangk’mnyebalkan,membingungkan pula n kdangk jga myenangkan …
    heeeeEe…. .ea g cHee????????? :)

  66. susah nya
    bingung

  67. selisih 2 bilangan = 8
    jika 3 kali bilanga kecil dikurangi setengah dari bilangan yang besar,hasilnya 31.

    tentukan bilangan itu masing-masing!
    Jawab???????/

  68. kita hari ini juga harus belajar lebih giat lagi

    dan kita harus belajar sungguh sungguh

    tetap tersenyum harus fress

  69. tetap senyum :D

  70. itu sich g ada langan yg gw cari!!!!!!!!!!!!!!!!1 :(

  71. pusing banget kalau ada pelajaran aljabar .. susah banget sih .. jadi males deh untuk mempelajarinya

  72. aku suka matematika tpi waktu baca ini aku bingung OMG,,,,…….

  73. smp susah pelajarannya hikss…..

  74. uuu pusing susah terlalu banyak informasi

  75. thanks soalnyaaa

  76. soalnya berguna bagi kita semua tkans ya

  77. Saya Sangat Suka ALJABAR!
    Karana Saya Suka Matematika, Walaupun menurut banyak orang thu susah, Oleh karena itu kita harus belajar dengan tekun!

  78. ea gc cmuanxa koq eang sulit

  79. SAMBIL nonton ini ama bukak buku dan pake guru harusnya .,,,

  80. caranya nomer 5 gimana

  81. CBA AD COAL ULANAGAN SENESTER GANJIL DNGN LNGKP

  82. saya harap soalnya di perbanyak lagi yang pecahan bentuk aljabar ya, karena saya masih sedikit bingung beserta jawabannya okay
    TERIMA KASIH ……..

  83. sma2 ea jga chiiiiiiiii

  84. anggel bgt

  85. huflt ..
    czah beud toch ???
    aQ lumz mdeng aljabar

  86. duuuuuuuuh aljabar

  87. gimana aljabar pusssssing ???

    carax gimanaya??????

  88. amboooyyyy..?!!!, bikin penink jeee,,,,,, Sesuatu…

  89. Bingung nk ulangan semester

  90. emb mnurut kalian aljabar tue sulit gak sigh

  91. izin cofe paste soal buat tugas , tnks

  92. Soal aljabar bwat otak jdie psing……………
    hrus sgera dphami, sbelum ulangan tiba…

  93. SUsah!!!!!

  94. soal susah banget

  95. aku suka matematika …

  96. :D i like it so like

  97. wiiee,,.. susahh nn ndag mahami ny ekh..!

  98. i love matematika

  99. astaghfirullah ……
    , susah amat yyak …..!!!!!!!!!!!!!!

  100. innnnalillllahhhhhhhh bagaymana ea setelah un

  101. Ok gampang kok soal kaya gitu
    1. Sederhanakan bentuk-bentuk berikut :
    a.7x + 3x
    b.5a + 3b + a – 5b
    c. (-3y2 + 2y – 4) + (2y2 – 3y + 5)
    d. (2p3 + p – 5) – (2p2 + 3p – 4)

    Jawabannya
    1. 10x
    2. jumlahkan suku yang sama loe tau suku kan? contoh suku a dengan suku a suku b dengan suku b. kalo gak tau juga kebangetan banget deh
    (5a+a)+(3b-5b)=6a-2b
    3.(-3y2+2y2)+(2y+3y)-4+5=-y2+5y+1
    4.2p3+2p2(p+3p)-5-4=2p3+2p2+4p+1

  102. yang buat soal nih tolol , jaka sembung bawa golog ,
    gak yambung soal nya goblog

  103. saya mau contohnya bkan soalnya tauuu
    :(

  104. yang saya pingin bukan soalnya,
    tapi materi pembelajarannya

  105. what’s up?? :(

  106. ya iyalah lo kan kelas 11 :(

  107. hey hey hey…
    aljabar aja bingung..:P

  108. Males banget deh belajar aljabar….
    Masih ga ngerti…..

  109. aku baru terdaftar jadi siswa di smabel tgl 19 juni,…. karena kelamaan nunggu tgl 13 juli mending aku belajar….^-^ tapi keknya susah…x(

  110. Bingung sama soal aljabar ..

  111. susah juga ya ternyata…
    pusing….
    ugh,,,,
    berikan yang lebih jelas n ringkas dong…

  112. ternyata aljabar itu susah banget ya???????????????

  113. ech aqh itu pnya pr szah bwnget…
    -kuadrat bil pertma dkrngi 2 kli kuadrat bil kedua sama dngn 12 ?

    gmn cra mngerjkn nya ?

  114. bagaimana penyelesaian 7x(-b)xc

  115. matematika emang paling ribet

  116. aku mau tayak soal ini dong tolong jawabya 8P(PANGKAT 2) G-16PY(PANGKAT 2)+24P2 TOLONG JAWAB YA AKU MAsi kurang paham makasi

  117. kok gak di balas si

  118. blogger nya kurang jelas seharusnya ada soalnya dan jawabannya tolong dong admin nya di perjelas thanks :)

  119. gue bingung soal pelajaran matematika -___-

  120. mkash ya, bwt soal’a, bwt q ni sngat membntu lho :D

  121. Kok sulit pemahamannya?

  122. semangat ,,

    berjuang walaupun soal susah,,,

  123. ghankpank kok soalx ……………………………

  124. pelajari dulu donggg. kalo gabisa yaaa, yaudah DL haha

  125. BLAJAR itu haruss

  126. masih sulit di pahami,,,,aku mau ngerjain soal tapi gk ada contohnya disini?

  127. sangat bergunaa…

  128. Aku punya soal nih -6(2x+5) dari -4(2x+5)..
    Aku sih uda nyari2 tapi gg bisa juga… :(
    Yg bisa kasi tau iya (Y)

  129. @duh ajar!n d0nk ,s0al aljabar x sulit……………………. banget!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  130. walah jan susah eung aljabar

  131. Klo ada yg kaya gini gimana?
    3¼k ? <<<< Tolong bantuannya….

  132. yang ama jawabanya ada apa enggak

  133. aduh bikin puyeng aja!!!!!!!!!!!!!11

  134. Aljabar is very DIFFICULT……,, but., we must Study Hard……… I think zo…………and NEVER GIVE UP….!!!!

  135. sulit banget ah……….gak bisa ngerjain.kalau disuruh pilih antara matematika dngn fisika,pasti aku pilih fisika..

  136. pertanyaan-anya kok gampang bngtzzz

  137. saya tu binggu saat bljr mm jd q ingn bsa
    mm ..,sulisinya gimana ia mkash

  138. Bingungggggggggggggg

  139. contohnya (3p-2q-4r)dipangkat 3
    ada tidak cara yg cepatnya?? kalo ga ada brati hrs pke cara skema yg panjang dehh

  140. Aljabar susah amat gan

  141. gimana kalau saya dapat tugas dari guru, apakah bisa di bantu untuk mencari jawabannya di sini ?

  142. tolong donk di balas pertanyaan saya….please….thank’s

  143. barusan saya belajar tentang operasi aljabar gampangkan

  144. q sekarang mengerti tentang aljabar ternyata da yg gampang and da yg susah

  145. dapetg membantu ku mem baca

  146. ,.agqu g paham………..
    kaloo bisa tolong ajarkin…..!!!!!!!!!!!!!!

  147. asiiik…

  148. oooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooatuh hahahahaha

  149. iya ajari aku yah

  150. kalo di lks itu koq caranya hampir sama tapi sulit di sini koq penjelasan nya gampang banget sichh

  151. Gamppang Gamppang Susah Eeeuuy . -_-

  152. bisa ga ngerjain soal ini dengan caranya
    5(y-2)=5

    • 5(y-2) = 5
      5y-10 =5
      5y =5+10
      y =15 : 5
      y = 3

      c0ba kita masukkan y=3 ke bentuk aljabar semula yaitu
      5(y-2) = 5
      5(3-2)= 5
      5(1) =5 jadi sudah betul kalo “y” kita ganti 3….
      semoga manfaat.key

  153. pusing dh gua

  154. kagak ngarti

  155. matematika suliit (⌣́_⌣̀)

  156. disini ga ada soal gradient sm pnyelesaiannya??

  157. payah
    susah
    au ah
    pokok nya susaaaaahhh

  158. menjijikan
    biasanya ada contoh nya bru bsa mengerjakan
    gni ga ada contoh
    gmna mau ngerjaiiii

  159. makacih bisa bwt latihan menghadapi ulangan smester

  160. makasih y…..bisa bwt latihan ulangan smesteran……….

  161. doai aq cupaya dpt raingking

    amien………….

  162. klo bisa soalnya di perbanyak lagi yyyyyyyyyyyyy

  163. hhee i love al jabar….

  164. al jabar mmng plng mudah,,

  165. kok cmn soal nya sich aku kan minta rumusnya bukan soalnya…..!!!!!?????? :(

  166. Minta Rumus Dong, Bener Tuh Sinta!!
    :D Sukses Deh Buat BLOG Ni!! :D

  167. wah susah nya pang udah lupa caranyahee

  168. kl x+5>3, bagaimana ya cara penyelesaiannya?

  169. w kirain rumus

  170. Ayo gabung ke Kompetisi Cerdas Cermat Online Tingkat SD dan SMP se-Jawa Timur yang di mediai Game For Smart. Pelajaran yang diujikan yaitu IPA, IPS, BI, Matematika. Final: Februari 2013. Hadiah total belasan juta rupiah :D

  171. 2×-1+3xpankat dua

  172. bguccccccccc

  173. soal kaya gni jg tutup mata jg bisa
    klo ksh soal becusan dkit dong
    nih soal orang pro kyk gw
    x pangkat 6 – 5x pangkat 5 +10x pangkat 4 -15x pangkat 3 -1 : x2-1
    klo bsa gw minta no rekening, gw ksh duit

  174. kalau p(pangkat 2)/q : p/q(pangkat 2) apa ya?

  175. Aku masih belum mengarti susah yaaa -_-

  176. klau AB + BA ??? giman caranya

  177. Tlong jwab yah 1.(p-4)(p+5)=
    2.(4-a)(5-a)=
    3.(7-b)(-4+b)=

    tlong mnta jwbnnya yah,bagi yg pntar dan baik hti aja :D trima ksih

  178. wah bagus………..

  179. makin ngerti tentang aljabar……………..

  180. Sangat membantu..
    Trimakasih…:)

  181. susah :3

  182. hahahahahahahahahahaha

  183. gampang banget sih soal ya
    gakk ad yg lebih susah gakk
    bukanya menghinah tapi serius gampang,,,,, tapi makasih uda di kesih penjelasanya tentang matematika tampa matematika pasti gakk ad isi otak,,,,,???????????????

  184. matur nuwun sanget

  185. looeee itu payah matematika aja susah apalagi fisikaaaaaaaaa

    • lo kan pintar kan kalo pintar ajarin aku dong penjummlahan 1+1=
      aku tahu lo jawabannya tapi gimana cara menghitungnya

  186. aizt .. ulangan mm nnti org … tpi skit skali kpala ku klau ulangan mm org krna ndag mengerti ka .. ai

  187. disuruh bikin ringkasan apa gk sama aja…
    stress

  188. tlng ajarkan cara suku aljabar yg kyk gni 2a(5a-4b+7ab)

  189. hasil dari (p-3q)(2p-5q)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: